Oleh: Badar Kumeira
Disampaikan
pada Latihan Kader I (Basic Training) HMI
Cabang Kerinci
1. PENGERTIAN
PROTOKOLER
1. Protokoler adalah Tugas penataan suatu acara
dan pelaksanaannya.
2. Keprotokoleran
HMI merupaan segala aktifitas yang berhubungan dengan penyelengaraan suatu
prosedur kelancaran (upacara) dalam HMI. Oleh karena itu ia memegang peranan
penting bagi kelangsungan suatu acara.
2. PENGERTIAN ADMINISTRASI DAN KESEKRETARIATAN
Administrasi merupakan segenap penyelenggaraan setiap usaha kerjasama
manusia mencapai tujuan tertentu. Untuk ter
selenggaranya administrasi dengan baik dan
mencapai tujuan, diperlukan suatu proses yang tertib.
Kesekretariatan
menurut Webster dalam bukunya New Word Dictionary
1. The Office or position
of secretary (kantor
atau kedudukan seorang sekretaris)
2. The office or
place where a
secretary does his work (Kantor
atau di mana
seorang skeretaris melakukan pekerjaanya)
3. A staff or departement headed by a secretary (pegawai atau
satuan organisasi yang dipimpin
oleh seorang sekretaris)
4. A staff or group of secretary (Pegawai
atau sekelompok sekretaris)
Kesekretariatan adalah satuan organisasi
yang melakukan rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan perkantoran dan
bantuan lainnya yang dilaksanakan sebagai kegiatan penunjang supaya tujuan
organisasi dicapai dengan lancar.
Sekretariat
: Tempat sekretaris bertugas, kemudian
berkembang menjadi satuan oragnisasi di
mana sekretaris melakukan tugas dalam
bidang perkantoran.
Sekretariat : tempat
tertentu sebagai pusat pengurusan segala situasi yang berhubungan dengan
organisasi.
Administrasi
Kesekretariatan : Adalah keseluruhan proses pelaksanaan rangkaian kegiatan
penataan terhadap pekerjaan perkantoran dan tugas-tugas bantuan lainnya, dalam rangka menunjang
kelancaran tujuan organisasi.
Penyelenggaraan administrasi kesekretariatan diwujudkan dalam fungís-fungsi
administrasi yang terdiri dari :
- Perencanaan (Planning)
- Pengorganisasian (Organizing)
- Pelaksanaan (Actuating)
- Pengawasan (Controlling)
Pengelolaan fungís-fungsi administrasi pada statu organisasi seperti HMI yang memiliki jumlah Cabang, aparat dan
aktifitas yang besar sangat membutuhkan suatu keragaman administrasi (Uniformatis)
3. ORGANISASI KESEKRETARITAN HMI
HMI sebagai suatu organisasi adalah suatu bentuk kerja sama dari kelompok
mahasiswa-mahasiswa Islam untuk mencapai tujuan bersama (Tujuan HMI Pasal 4 AD)
Aktifitas organisasi terpusat pada sekretariat organisasi
Administrasi kesekretariatan merupakan bagan dari pada administrasi
organisasi, yaitu sebagai unit tugas/ pekerjaan yang penyelenggaraannya
diserahkan kepada bidang Sekretaris Jenderal atau sekretaris organisasi.
Usaha penyelenggaraan administrasi kesekretariatan bertujuan agar
Sekretaris HMI benar-benar dapat berfungsi sebagai sekretaris organisasi yaitu:
- tempat kerja yang efisien bagi pengurus dalam
pengendalian organisasi
- pusat komunikasi organisasi
- pusat kegiatan administrasi
BAB V
KESEKRETARIATAN
Pasal 17 : Gerak
organisasi dengan struktur organisasinya dijalankan dengan bantuan alat
organisasi lainya seperti sistem administrasi dan sistem keprotokoleran;
a. Letak Sekretariat
Letak sekretariat harus stategis
karena sangat menentukan kelancaran komunikasi dengan pihak manapun, terutama
dengan anggota sehingga mudah didatangi selain itu juga pertimbangan
-
kelancaran transportasi
-
keadaan lingkungan sekeliling (tenang)
b. Bangunan Sekretariat
Bangunan gedung
sekretariat diusahakan mampu menampung seluruh kegiatan mengenai administrasi
maupun kegiatan-egatan lainnya, seperti :
- Jumlah
Ruangan disesuaikan dengan kebutuhan
- ruangan
tata usaha
- ruang
tamu
- ruang
perpustakaan
- ruang
sidang/ aula
- ruang
badan khusus HMI (KOHATI, BPL dll)
- Ada
hubungan antara ruang satu dengan yang lainnya
- Adanya
perabotan untuk menopang menopang kelancaran tugas-tugas.
c. Dekorasi tiap ruangan
- membangkitkan gairah dan kemauan
- menimbulan rasa senang dan tentram
d. Ruangan Sekretariat
- Ruangan harus sehat
- kesegaran anggota dan kemampuan kerja pengurus adalah hal penting yang harus diperhatikan.
4. ADMINISTRASI
SURAT- MENYURAT HMI
a. Pengertian :
suatu bentuk pencurahan perasaan, kehendak, ide pemikiran dan tujuan seseorang
dalam bentuk tulisan.
b. fungsi :
- sebagai alat
komunikasi
- sebagai
dokumentasi organisasi
- sebagai tanda
bukti/ alat bukti
c. bentuk dan isi
surat
bentuk
dan isi surat HMI adalah termasuk surat resmi/ dinas sebagai bentuk dan isinya
harus menuruti ketentuan-ketentuan yang telah dibuat organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar