Senin, 27 Maret 2017

KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN ORGANISASI (HMI)

Oleh : BADAR KUMEIRA, S.Pd,. M.Pd

KEPEMIMPINAN
Pemimpin jika dialih bahasakan ke bahasa Inggris menjadi “LEADER”, yang mempunyai tugas untuk me-LEAD anggota disekitarnya. Sedangkan makna LEAD adalah :
· Loyality, seorang pemimpin harus mampu membangkitkan loyalitas rekan kerjanya dan memberikan loyalitasnya dalam kebaikan.
·  Educate, seorang pemimpin harus mampu untuk mengedukasi atau mengajarkan rekan-rekannya.
· Advice, memberikan saran dan nasehat dari permasalahan yang ada
· Discipline, memberikan keteladanan dalam berdisiplin dan menegakkan kedisiplinan dalam setiap aktivitasnya.   


pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.
MENURUT AHLI :
1.    Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu dan langsung melalui proses komunikasi untuk  mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu (Tannebaum, Weschler and Nassarik,1961, 24).
2.    Kepemimpinan adalah sikap pribadi, yang memimpin pelaksanaan aktivitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. (Shared Goal, Hemhiel & Coons, 1957,7).
3.    Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama (Rauch & Behling, 1984,46).
4.    Kepemimpinan adalah kemampuan seni atau tehnik untuk membuat sebuah kelompok atau orang mengikuti dan menaati segala keinginannya.
5.    Kepemimpinan adalah suatu proses yang memberi arti (penuh arti kepemimpinan) pada kerjasama dan dihasilkan dengan kemauan untuk memimpin dalam mencapai tujuan (Jacobs & Jacques,1990,281).


     KEPEMIMPINAN adalah Kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakan orang lain baik individu maupun kelompok guna mencapai tujuan tertentu.
Pada dasarnya fungsi kepemimpinan memiliki 2 aspek yaitu :
1.    Fungsi administrasi, yakni mengadakan formulasi kebijaksanaan administrasi dan menyediakan fasilitasnya.
2.    Fungsi sebagai Top Manajemen, yakni mengadakan planning, organizing, staffing, directing, commanding, controling, dsb.

MANAJEMEN
Pengertian Manajemen menurut ahli :
Manajemen adalah suatu proses yang khas, dimana terdiri dari kegiatan pengorganisasian, perencanaan, menggerakkan dan pengawasan yang dilaksanakan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditetapkan dengan bantuan manusia dan sumber-sumber daya lainnya.  George R. Terry
 
Manajemen ialah sebagai seni untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang-orang. Pengertian manajemen ini sangat sesuai dengan kenyataan yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, di mana para manajer tidak melakukan sendiri tugas-tugas yang harus diselesaikanm tetapi dengan cara mengatur orang-orang lain untuk melakukannya. Mary Parker Follet

Manajemen merupakan ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengodinasian dan pengawasan atas sumber daya, terutama sumber daya manusia dalam mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan terlebih dahulu. James A.F. Stone

Berdasarkan pengertian manajemen di atas, maka dapat diketahui bahwa Manajemen adalah suatu ilmu dan seni. Manajemen sebagai ilmu yaitu berfungsi menerangkan kejadian-kejadian, gejala-gejala dan keadaan-keadaan yang ada. Sedangkan Manajemen sebagai seni berfungsi mengajarkan kepada kita bagaimana melaksanakan sesuatu hal untuk mencapai tujuan yang nyata-nyata mendatangkan hasil atau manfaat.
Fungsi-fungsi Manajemen terdiri atas :
  1. Perencanaan (planning),
  2. Pengorganisasian (organizing)
  3. Pengarahan (directing)
  4. Pengkoordinasian (coordinating)
  5. Pengawasan (controlling)

ORGANISASI
Pengertian Organisasi Menurut Ahli :
Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang/ beberapa orang yang disebut atasan dan seorang/ sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”
Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan “organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.”

Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan “organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
James D Mooney berpendapat bahwa “Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose” atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.

“Organisasi adalah kumpulan orang – orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang dilakukan berdasar atas suatu aturan tertentu dan penjabaran fungsi pekerjaan secara formal “

KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN ORGANISASI DALAM HMI
Tujuan HMI : Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah Subhanahu wata’ala. (Pasal 4 AD/ART HMI)
Berdasarkan Tujuannya, Maka Jelas Konsep  Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi yang digunakan di HMI adalah konsep Kepemimpinan Islam.
Di dalam Islam seorang pemimpin haruslah mempunyai sifat:
 
1.    S1DDIQ artinya jujur, benar, berintegritas tinggi dan terjaga dari kesalahan.

2.    FATHONAH artinya jerdas, memiliki intelektualitas tinggi dan professional.

3.    AMANAH artinya dapat dipercaya, memiliki legitimasi dan akuntabel.

4.    TABLIGH artinya senantiasa menyammpaikan risalah kebenaran, tidak pernah menyembunyikan  apa yang wajib disampaikan, dan komunikatif.
 

1 komentar:

  1. Yakin Usaha Sampai. Salam sedarah hijau hitam. Ini tulisan dari kami yang setema dengan tulisan di blog ini
    https://www.banjirembun.com/2012/05/artikel-umum-kepemimpinan-manajeman-dan.html?m=1

    BalasHapus