Oleh : BADAR KUMEIRA, S.Pd,. M.Pd
KEPEMIMPINAN
Pemimpin jika dialih bahasakan
ke bahasa Inggris menjadi “LEADER”, yang mempunyai tugas untuk me-LEAD anggota
disekitarnya. Sedangkan makna LEAD adalah :
· Loyality, seorang pemimpin harus mampu membangkitkan
loyalitas rekan kerjanya dan memberikan loyalitasnya dalam kebaikan.
· Educate, seorang pemimpin harus mampu untuk mengedukasi
atau mengajarkan rekan-rekannya.
· Advice, memberikan
saran dan nasehat dari permasalahan yang ada
· Discipline, memberikan
keteladanan dalam berdisiplin dan menegakkan kedisiplinan dalam setiap
aktivitasnya.
pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.
pemimpin adalah seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan sehingga dia mampu mempengaruhi orang-orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi pencapaian satu atau beberapa tujuan.
MENURUT AHLI :
1.
Kepemimpinan adalah
pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu dan langsung melalui proses
komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu (Tannebaum,
Weschler and Nassarik,1961, 24).
2.
Kepemimpinan adalah sikap
pribadi, yang memimpin pelaksanaan aktivitas untuk mencapai tujuan yang
diinginkan. (Shared Goal, Hemhiel & Coons, 1957,7).
3.
Kepemimpinan adalah suatu
proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan
bersama (Rauch & Behling, 1984,46).
4.
Kepemimpinan adalah kemampuan
seni atau tehnik untuk membuat sebuah kelompok atau orang mengikuti dan menaati
segala keinginannya.
5.
Kepemimpinan adalah suatu
proses yang memberi arti (penuh arti kepemimpinan) pada kerjasama dan
dihasilkan dengan kemauan untuk memimpin dalam mencapai tujuan (Jacobs & Jacques,1990,281).
KEPEMIMPINAN adalah Kemampuan untuk mempengaruhi
dan menggerakan orang lain baik individu maupun kelompok guna mencapai tujuan
tertentu.
Pada
dasarnya fungsi kepemimpinan memiliki 2 aspek yaitu :
1.
Fungsi
administrasi, yakni mengadakan formulasi kebijaksanaan administrasi dan
menyediakan fasilitasnya.
2.
Fungsi
sebagai Top Manajemen, yakni mengadakan planning, organizing, staffing,
directing, commanding, controling, dsb.
MANAJEMEN
Pengertian Manajemen menurut ahli :
Manajemen adalah suatu proses yang khas, dimana
terdiri dari kegiatan pengorganisasian, perencanaan, menggerakkan dan
pengawasan yang dilaksanakan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah
ditetapkan dengan bantuan manusia dan sumber-sumber daya lainnya. George R. Terry
Manajemen ialah sebagai seni untuk melakukan
suatu pekerjaan melalui orang-orang. Pengertian manajemen ini sangat sesuai
dengan kenyataan yang kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, di mana para
manajer tidak melakukan sendiri tugas-tugas yang harus diselesaikanm tetapi
dengan cara mengatur orang-orang lain untuk melakukannya. Mary Parker Follet
Manajemen merupakan ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengodinasian dan pengawasan atas sumber daya, terutama sumber daya manusia dalam mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan terlebih dahulu. James A.F. Stone
Berdasarkan pengertian manajemen di atas, maka dapat diketahui bahwa Manajemen adalah suatu ilmu dan seni. Manajemen sebagai ilmu yaitu berfungsi menerangkan kejadian-kejadian, gejala-gejala dan keadaan-keadaan yang ada. Sedangkan Manajemen sebagai seni berfungsi mengajarkan kepada kita bagaimana melaksanakan sesuatu hal untuk mencapai tujuan yang nyata-nyata mendatangkan hasil atau manfaat.
Fungsi-fungsi Manajemen terdiri atas :
- Perencanaan (planning),
- Pengorganisasian (organizing)
- Pengarahan (directing)
- Pengkoordinasian (coordinating)
- Pengawasan (controlling)
ORGANISASI
Pengertian Organisasi Menurut Ahli :
Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikan
“organisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang
bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu
tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang/
beberapa orang yang disebut atasan dan seorang/ sekelompok orang yang disebut
dengan bawahan.”
Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan “organisasi ialah suatu
sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang
bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya
merupakan alat dan wadah saja.”
Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan “organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
James D Mooney berpendapat bahwa “Organization is the form
of every human, association for the assignment of common purpose” atau
organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan
bersama.
“Organisasi adalah kumpulan orang – orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang dilakukan berdasar atas suatu aturan tertentu dan penjabaran fungsi pekerjaan secara formal “
KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN ORGANISASI DALAM HMI
Tujuan HMI : Terbinanya insan akademis, pencipta,
pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya
masyarakat adil makmur yang diridhai Allah Subhanahu wata’ala. (Pasal 4 AD/ART
HMI)
Berdasarkan Tujuannya, Maka Jelas Konsep Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi yang
digunakan di HMI adalah konsep Kepemimpinan Islam.
Di dalam
Islam seorang pemimpin haruslah mempunyai sifat:
1.
S1DDIQ artinya
jujur, benar, berintegritas tinggi dan terjaga dari kesalahan.
2. FATHONAH artinya jerdas, memiliki intelektualitas tinggi dan professional.
3. AMANAH artinya dapat dipercaya, memiliki legitimasi dan akuntabel.
4. TABLIGH artinya senantiasa menyammpaikan risalah kebenaran, tidak pernah menyembunyikan apa yang wajib disampaikan, dan komunikatif.
Yakin Usaha Sampai. Salam sedarah hijau hitam. Ini tulisan dari kami yang setema dengan tulisan di blog ini
BalasHapushttps://www.banjirembun.com/2012/05/artikel-umum-kepemimpinan-manajeman-dan.html?m=1