Rabu, 29 Oktober 2014

TAFSIR INDEPENDENSI HMI (HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM)



TAFSIR INDEPENDENSI
HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM

A.   PEDAHULUAN

Menurut fitrah kejadiannya, maka manusia diciptakan bebas dan merdeka. Karenanya kemerdekaan pribadi adalah hak yang pertama. Tidak ada sesuatu yang lebih berharga dari pada kemerdekaan itu. Sifat, suasana bebas dan kemerdekaan seperti diatas, adalah mutlak diperlukan terutama pada fase/saat manusia berada dalam pembentukan dan pengembangan. Masa/fase pembentukan dari pengembangan bagi manusia terutama dalam masa remaja atau generasi muda.
Mahasiswa dan kualitas-kualitas yang dimilikinya menduduki kelompok elit dalam generasinya. Sifat kepeloporan, keberanian dan kritis adalah ciri dari kelompok elit dalam generasi muda, yaitu kelompok mahasiswa itu sendiri. Sifat kepeloporan, keberanian dan kritis yang di

TAFSIR TUJUAN HMI



TAFSIR TUJUAN

HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM


I.  PENDAHULUAN


Tujuan yang jelas diperlukan untuk suatu organisasi, hingga setiap usaha yang dilakukan oleh organisasi tersebut dapat dilaksanakan dengan teratur. Bahwa tujuan suatu organisasi dipengaruhi oleh suatu motivasi dasar pembentukan, status dan fungsinya dalam totalitas dimana ia berada. Dalam totalitas kehidupan bangsa Indonesia, maka HMI adalah organisasi yang menjadikan Islam sebagai sumber nilai. Motivasi dan inspirasi bahwa HMI berstatus sebagai organisasi mahasiswa, berfungsi sebagai organisasi kader dan yang berperan sebagai organisasi perjuangan serta bersifat independen.

Pemantapan fungsi kekaderan HMI ditambah dengan kenyataan bahwa bangsa Indonesia sangat kekurangan tenaga intelektual yang memiliki keseimbangan hidup  yang terpadu  antara pe

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR



STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Oleh : BADAR KUMEIRA
Disampaikan pada Senior Course (SC) tingkat Nasional
HMI Cabang Kerinci

A.      Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran
Pada berbagai situasi proses pembelajaran seringkali digunakan istilah yang pada dasarnya dimaksudkan untuk menjelaskan cara, tahapan, atau pendekatan yang dilakukan oleh seorang guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Istilah tersebut sering digunakan secara bergantian, walaupun pada dasarnya memiliki kemiripan makna, namun pada dasarnya istilah-istilah tersebut memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya, sehingga seringkali orang menjadi bingung dan sulit untuk membedakannya . Istilah-istilah tersebut adalah :
1.         Pendekatan pembelajaran
2.         Strategi pembela